Sertifikasi Dosen (Serdos) tahun 2022 tidak lama lagi akan dimulai. Dosen tetap yang telah memenuhi syarat eligible saat mempersiapkan diri untuk mengikuti tahap sertifikasi yang yang sebentar lagi akan dibuka. Ada beberapa hal yang dapat dipersiapkan sebagai tips untuk lulus pada tahapan serdos smart yang bagi sebagian dosen syaratnya semakin hari semakin berat.

Peserta yang berhak mengikuti tahap serdos smart adalah dosen tetap yang dinyatakan eligible yang dapat dilihat pada akun SISTER masing-masing pada menu sertifikasi. Atau dapat anda baca pada artikel kami sebelumnya disini.

 

Pada artikel berikut kami akan berbagi tips agar lulus pada tahap sertifikasi dosen yang dirangkum dari berbagai sumber termasuk pengalaman pribadi, sebagai berikut:

 

1. Lengkapi Profil dan data-data di SISTER

 

Sebagaimana diketahui bahwa pelaksanaan serdos pada 2 tahun terakhir telah berbasis SISTER sebagai sistem informasi sumberdaya terintegrasi perguruan tinggi. Sistem ini adalah basis data penarikan informasi dan portofolio dosen yang layak (eligible) dalam mengikuti tahapan sertifikasi dosen.

 

Semua tahapan serdos juga dilakukan berbasis SISTER yang semakin memudahkan dosen dalam melakukan updating data-data pribadi dan pelaksanaan Tri Dharma sehingga kemungkinan kesalahannya sangat kecil karena dilakukan oleh dosen sendiri. 

 

Pelengkapan profil SISTER dan data-data yang berkaitan dengan aktifitas Tri Dharma dosen, perlu dilakukan pada akun SISTER masing-masing. Dengan demikian, dosen dapat memastikan bahwa semua data yang diinput pada sistem telah benar dan betul-betul sesuai dengan aktifitas pelaksanaan Tri Dharma yang dilakukan.

 

Untuk melengkapi data-data yang berkaitan dengan SISTER ini, tidak ada salahnya dan sebaiknya dosen selalu berkoordinasi dengan operator SISTER pada perguruan tinggi masing-masing. Lengkapi profil anda, data-data yang berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta penunjang lainnya disertai dengan bukti dokumen yang lengkap.

 

Pelengkapan data SISTER ini sebaiknya dilakukan jauh hari sebelum tahapan serdos smart dimulai, karena biasanya tahapan serdos ketika sudah dibuka waktunya cukup singkat sehingga kita bisa lebih fokus pada pelengkapan data-data lainnya ketika tahapan serdos sudah dimulai.

 

2. Menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan Operator 

 

Tips kedua ini perlu kami sampaikan, karena berdasarkan pengalaman salah satu teman yang mengikuti serdos smart pada tahun 2021 menceritakan bahwa pernah terhambat dalam kelulusan serdos hanya karena persoalan teknis yang terkesan sengaja dihalang-halangi untuk mengikuti tahapan.

 

Meskipun tidak terjadi demikian, segala perubahan yang dilakukan dosen pada akun SISTER masing-masing harus dilakukan singkronisasi pada SISTER perguruan tinggi agar datanya sesuai dengan data yang masuk ke SISTER pusat. 


Oleh karena itu, koordinasi yang baik dengan operator sangat diperlukan untuk kelancaran tahapan serdos.

 

3. Mempersiapkan rekaman penjelasan mata kuliah dan proses pembelajaran


Salah satu yang unik pada serdos smart adalah dosen diwajibkan membuat rekaman video penjelasan tentang salah satu mata kuliah yang diampuh, termasuk rekaman proses pembelajaran pada mata kuliah tersebut.

 

Pengalaman pada serdos smart tahun 2021, durasi video yang dibuat tidak boleh melebihi 30 menit sehingga perlu dilakukan pengaturan agar durasi yang singkat ini dapat mewakili informasi-informasi yang dibutuhkan.

 

Rekaman video ini berisi penjelasan tentang penjelasan mata kuliah (sebaiknya mata kuliah utama yang diklaim pada riwayat hidup) yang berisi tentang penjelasan deskripsi mata kuliah, rencana pembelajaran semester (RPS), metode pembelajaran, metode penilaian, serta capaian akhir mata kuliah.

 

Selanjutnya ditambahkan dengan rekaman video proses pembelajaran yang dapat berupa pertemuan tatap muka pada salah satu pertemuan atau rekaman proses pembelajaran saat menggunakan media daring (misalnya zoom). Video kemudian disatukan dengan catatan total durasi tidak lebih dari 30 menit (bisa saja berubah sesuai panduan serdos tahun 2022).

 

Hasil rekaman video yang telah disatukan kemudian diupload pada sarana berbagi video yang dapat diakses oleh publik (misalnya YouTube). Perlu diperhatikan, saat uploading video ke Youtube agar merubah pengaturan visibilitas video menjadi publik. Karena pengalaman pada tahun 2021 terdapat video yang diupload ke youtube namun statusnya masih private sehingga asesor tidak dapat menemukan video tersebut.

 

Setelah diupload, link video inilah yang nanti akan disematkan pada akun SISTER saat sertifikasi dosen sudah dimulai. Jika kesulitan tentang proses upload video ini tidak ada salahnya dosen berkoordinasi dengan operator atau orang lain yang telah berpengalaman.

 

4. Mempersiapkan Narasi Mission Statement, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat. 

 

Penyusunan narasi mission statement, narasi penelitian, dan narasi tentang pengabdian pada masyarakat ini adalah tahap akhir dalam pelengkapan portofolio saat sertifikasi dosen. Konten dari setiap narasi ini sudah pernah kami tulis sebelumnya silahkan anda baca disini.

 

5. Perhatikan Link RPS agar dapat diakses.

 

Salah satu dokomen penting yang harus disiapkan adalah RPS mata kuliah yang diupload pada media penyimpanan online yang dapat diakses oleh publik. Dokumen RPS yang diupload adalah RPS mata kuliah utama sesuai yang diklaim pada riwayat hidup.

 

Saat upload RPS pada Google Drive misalnya, pastikan bahwa sebelum mengambil link dokumen pastikan pengaturan aksesnya telah dirubah agar dapat diakses oleh setiap orang yang memiliki link. Link ini nanti akan disematkan pada SISTER dalam mengisi portofolio kelengkapatan dokumen serdos.

 

6. Bergabung dan Aktif pada Grup Sertifikasi Dosen 

 

Tips lulus serdos yang terakhir adalah agar dosen bergabung pada grup yang membahas informasi seputar sertifikasi dosen. Dalam hal ini ada sebuh grup Telegram dengan nama Sertifikasi Dosen Nasional. Pada grup ini telah tergabung lebih dari 11 ribu user dan menjadi forum berbagi informasi seputar informasi dosen setiap tahunnya.

 

Pada grup ini dosen dapat bertanya dan saling berbagi tentang sertifikasi dosen, sehingga sangat bermanfaat jika anda sebagai salah satu dosen eligible serdos tahun 2022 bergabung pada grup tersebut.

 

Sekian tips lulus sertifikasi dosen yang dapat kami bagikan, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda. Jika ada hal-hal yang ingin disampaikan silahkan tinggalkan komentar. Dengan senang hati kami akan membalas setiap komentar-komentar anda.