Panduan LMS berbasis Moodle untuk Student/Mahasiswa/Siswa - Moodle adalah salah satu perangkat lunak yang populer digunakan dalam pengelolaan Learning Management System (LMS) sebagai sarana pembelajaran online. Penggunaan LMS Moodle ini terbagi menjadi beberapa tingkatan pengguna (user) antara lain administrator, manager, teacher, dan student yang memiliki hak akses yang berbeda-beda. Pada artikel ini akan mebahas mengenai panduan penggunaan Moodle bagi mahasiswa/student.

Sebelum masuk ke laman LMS masing-masing, pastikan bahwa anda telah terdaftar sebagai user dan sudah di enroll pada kelas atau course yang aktif. Setelah itu silahkan kunjungi URL atau alamat LMS.


Berikut adalah cara penggunaan LMS Moodle di Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Mujahidin Tolitoli.

1. Klik https://lms.stip.ac.id

2. Masukkan password dan user masing-masing

3. Lakukan perubahan password dan lengkapi profil.


Tampilan awal ketika login ke LMS STIP Mujahidin Tolitoli


Panduan Moodle Student


Setelah login silahkan lakukan perubahan password dan lengkapi profil. Caranya adalah klik foto profil pada sudut kanan atas, dan klik profil.


Panduan Moodle Student

Kemudian klik icon gear (gambar roda) dan pilih menu Change Password. Jangan lupa untuk mencatat password baru anda pada tempat yang aman.

 

 

Akan tampil windows perubahan password, silahkan masukkan password lama dan password baru, jangan lupa konfirmasi dan klik simpan perubahan. Lakukan juka perubahan foto profil dan data-data lain yang perlu dirubah, misalnya email dan sebagainya.

 

Jika telah selesai melakukan perubahan profil, pada halaman Dashboard akan tampil course/kelas aktif. Silahkan klik My active course (pada menu sebelah kiri) dan klik judul kelas yang aktif tersebut untuk melihat materi atau mungkin penugasan yang ada.

 

Berikut adalah tampilan Dashboard mahasiswa. Tampak bahwa terdapat satu kelas/course yang aktif yaitu Ilmu Reproduksi ternak. 


Panduan Moodle Student

 

 

Jika sudah masuk ke kelas yang aktif, contoh tampilannya akan seperti ini:


Panduan Moodle Student


Pada gambar diatas tampak bahwa terdapat topik I. Pendahuluan. Pada topik Pendahuluan terdapat dua section, yaitu section Pendahuluan yang berisi materi dengan To Do: view.


Sedangkan pada section kedua terdapat section Diskusi Reproduksi dengan To Do: veiw, post replies: 5, dan receive a grade.


Arti masing-masing to do diatas adalah sebagai berikut:

  • view: artinya mahasiswa diwajibkan membaca. Jika sudah dibaca maka tampilan nya akan berubah menjadi warna hijau.
  • post replies:3 artinya mahasiswa harus melakukan balasan pada kolom diskusi yang ada minimal 3 balasan. Balasan dapat dilakukan pada diskusi utama atau pada jawaban dari rekan yang lain.
  • make forum posts artinya mahasiswa wajib membuat topik diskusi baru terkait pertanyaan seputar tema forum. Jadi silahkan klik Add a new discussion topic (perhatikan gambar dibawah).
  • receive a grade artinya mahasiswa akan dinilai jawaban atau pekerjaannya oleh dosen/teacher.

Gambar dibawah ini adalah tampilan jika Diskusi Reproduksi di klik. Terdapat satu topik diskusi yang berjudul Diskusi 1. Silahkan klik Diskusi 1 untuk memulai diskusi dan menyelesaikan beban to do yang diwajibkan.

Sedangkan untuk membuat topik diskusi baru untuk menyelesaikan to do : make forum posts, silahkan klik Add a new discussion topic yang berwana biru. 



Pada bentuk penugasan lain bisa saja to do nya berbeda-beda tergantung dari bentuk penugasannya. Untuk hal ini silahkan dikoordinasikan pada dosen/teacher masing-masing.


Tampilan to do (completion) yang belum selesai dikerjakan berwarna abu-abu sedangkan yang sudah dikerjakan akan bewarna hijau. Pada setiap materi atau tugas yang ada perhatikan juga batas waktu pengerjaannya agar tidak tertinggal dalam mengumpulkan tugas.


Berikut adalah tampilan Diskusi Reproduksi khususnya Diskusi 1 jika diklik. Pada diskusi 1 dosen memberikan pertanyaan untuk dijawab. Sebagai mahasiswa silahkan jawab dengan mengklik Reply pada bagian bawah kanan. Setelah menjawab silahkan kerjakan to do (completion) yang lain.

 

Panduan Moodle Siswa

Pada kasus ini mahasiswa diharuskan memberikan balasan minimal 3. Jadi, mahasiswa harus memberikan tanggapan pada jawaban teman lain ataupun memberikan pertanyaan lanjutan agar dapat dibalas dan didiskusikan bersama.


Jika penugasannya bukan berupa diskusi pada forum, misalnya mahasiswa diwajibkan mengupload file, maka silahkan klik nama tugasnya dan lakukan upload file sebagaimana biasa.


Jika sudah melakukan to do yang diwajibkan, mahasiswa dapat melihat progres pada dashboard atau pada sudut kanan atas topik yang sedang aktif. Dengan demikian setiap mahasiswa dapat mengetahui sejauh mana pengerjaan tugas yang sudah dilakukan.

 

Jika ada yang kurang jelas atau masih bingung bagaimana menggunakan moodle sebagi student/siswa/mahasiswa, silahkan ditanyakan pada kolom komentar dibawah.