Khasiat Ceker Ayam Bagi Kesehatan Tubuh - Kamu pasti sudah pernah makan daging ayam kan? Kalo telur ayam? Pasti sudah pada kenal dan pasti kamu sudah pernah makan. Tapi yang satu ini, apa kamu pernah makan ceker ayam? Nah, kaki ayam atau ceker ayam adalah bagian yang mungkin sering diabaikan kalo kamu biasa masak ayam di rumah. Kalian tahu tidak apa khasiat ceker ayam


Bagian yang satu ini adalah bagian yang sering dianggap sepele. Mungkin karena kita terbiasa mengkonsumsi dagingnya saja sehingga tidak menganggap penting bagian yang lain.


Seringkali ketika kita memasak ayam, pastinya akan membersihkan dan membuang bagian-bagian tertentu termasuk ceker. Namun ternyata pada bagian ceker atau kaki ayam terdapat beberapa manfaat bagi tubuh ketika kita memakannya. Berikut adalah beberapa khasiat ceker ayam bagi kesehatan:


Memelihara Kesehatan Kulit


Khasiat ceker ayam bagi tubuh, yang pertama adalah dapat memelihara kesehatan kulit. Berdasarkan sebuah penelitian di Universitas Chung Hsing Taiwan, dilaporkan bahwa ceker ayam mengandung kolagen yang sangat tinggi. Bahkan kandungan kolagen pada ceker ayam hampir sama dengan kandungan kolagen yang banyak terdapat pada sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C.


Kolagen sangat berguna untuk tubuh terutama untuk menjaga kesehatan kulit dan menjaga tingkat elastisitas kulit, dengan kata lain mencegah keriput. Kolagen juga barfungsi membantu penyerapan kalsium dan protein, meningkatkan produksi sel darah merah dengan membantu memberkuat struktur pembuluh darah, serta berperan penting dalam metabolisme lemak dalam tubuh.


Nah, untuk kamu yang mau awet muda yuk banyak makan ceker ayam. Tapi tentu saja konsumsi ceker ayam jangan terlalu berlebihan. Karena kita tahu segala sesuatu yang berlebihan akan berakibat buruk bagi tubuh. Hal ini karena tubuh makhluk hidup harus selalu dalam keadaan seimbang atau homeostatis.


Memelihara Kesehatan Tulang


Manfaat berikutnya yang kita peroleh dengan mengkonsumsi ceker ayam adalah dapat menguatkan tulang. Dengan demikian, tentu saja kita dapat terhindar dari penyakit tulang keropos atau osteoporosis.


Ceker Ayam, selain berkhasiat memelihara kesehatan kulit juga dapat digunakan sebagai sumber nutrien yang dapat membantu memelihara kesehatan tulang. Disamping mengandung banyak kolagen, ceker ayam juga mengandung kalsium. Kita tahu bahwa kalsium adalah mineral yang sangat penting untuk memelihara kesehatan tulang.


Disamping itu, dengan adanya kandungan kolagen yang tinggi dalam ceker ayam yang semakin membantu penyerapan kalsium, akan semakin bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

Mencegah Penyakit Darah Tinggi

Manfaat ceker ayam yang ketiga adalah dapat berfungsi untuk mencegah penyakit darah tinggi. Kandungan kolagen pada ceker ayam juga dapat berfungsi sebagai senyawa antihipertensi. Aktivitas senyawa kolagen hampir sama dengan aktivitas antihipertensi pada ACE-inhibitor. Kandungan pada ceker ayam dapat menurunkan kadar renin plasma, kondisi ini yang mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah. Baca: Mekanisme ACE-Inhibitor


Oleh karena itu, ceker ayam tentunya baik dikonsumsi untuk mencegah hipertensi karena adanya kolagen tersebut. Tentu saja untuk menghindari penyakit yang mematikan ini kita harus bisa membatasi konsumsi kolesterol.


Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Ceker ayam, dengan kandungan kolagennya yang tinggi dapat berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh. Kolagen pada ceker ayam memiliki antigen imunogenik yang mampu menghasilkan antibodi.


Dalam kondisi yang kurang fit, alangkah baiknya kamu coba hadirkan ceker ayam dalam menu makanan kamu. Hmm.. sup ceker ayam misalnya?


Demikianlah khasiat ceker ayam bagi kesehatan tubuh yang mungkin belum kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadikan kita lebih selektif lagi dalam memilih makanan sehari-hari dan usahakan mengkonsumsi pangan fungsional secara rutin.